Teori Biaya Produksi


Teori  Biaya Produksi

Pengertian Biaya Produksi dan Penggolongannya
            Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh factor-faktor produksi dan bahan – bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut. Biaya produksi yang dikeluarkan dapat terbagi menjadi dua golongan yaitu :
1.    biaya eksplisit :
       Pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan       factor-faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan.
2.    biaya implisit (  tersembunyi )
       Taksiran pengeluaran terhadap factor-faktor produksi  yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri
       Berdasarkan analisisperiode produksinya biaya produksi dibagi atas dua bagian yaitu :
1.    Biaya produksi jangka pendek:
       Jangka waktu dimana sebagian factor produksi dapat berubah dan sebagian dan sebagian lainnya      tidak dapat diubah.
2.    Biaya produksi jangka panjang :
       Jangka waktu di mana semua factor produksi yang ada dapat mengalami perubahan.
Biaya Produksi Jangka Pendek :
       Berikut akan di jelaskan mengenai macam-macam  biaya yang termasuk dalam biaya produksi jangka pendek. Biaya produksi dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu :

1.    BIaya tetap (fixed cost)
       Biaya yang tidak tergantung atau tidak dipengaruhi oleh tingkat prduksi
       Simbol     : FC ( Fix Cost )
2.    Biaya Variabel (variable cost )
       Biaya produksi yang berubah menurut tinggi rendahnya jumlah barang yang dihasillkan.
       Simbol     : VC ( Variabel Cost )
3.    Biaya total
       Penjumlahan biaya tetap dengan biaya variabel
       Simbol      : TC
       Rumus      : TC = FC + VC
       BIaya  produksi total di dapat dari menjumlahkanbiaya tetap total (TFC=total fixed  cost ) dan biaya berubah total ( TVC=total variable cost )
       Rumus      : TC=TFC + TVC
Kemudian dalam analisis biaya produksi perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
a. Biaya Produksi Rata-rata :
       Biaya produksi rata-rata meliputi :
·         BIaya tetap rata-rata
       Biaya tetap yang dibebankan kepada setiap unit output. Diberi simbol AFC ( Average Fix Cost )
       Rumus     : AFC = FC/Q

·         Biaya variable rata-rata
       Biaya variabel yang dibebankan untuk setiap unit output. Diberi simbol AVC ( Average Variabel      Cost).
       Rumus     : AVC = VC/Q
·         Biaya total rata-rata
       Biaya produksi yang dibebankan untuk setiap unit output. Diberi simbol ATC ( Average Total Cost )
       Rumus     : ATC = TC/Q

b.    Biaya Produksi Marginal :
       Marjinal merupakan kenaikan biaya produksi yang di keluarkan untuk menambah produksi Tambahan atau kekurangannya biaya total karena bertambah atau berkurangnya satu unit output.   Diberi simbol MC
       Rumus     : MC = ∆TC/∆Q atau ∆VC/∆Q










 



 





Syarat Pemaksimuman Keuntungan
Ada dua cara untuk memperoleh keuntungan maksimum, yaitu :
a.       Dengan memproduksikan barang dimana perbedaan antara hasil penjualan total dengan ongkos total adalah yang paling maksimum.
b.      Dengan memproduksikan barang pada tingkat dimana hasil penjualan marginal = ongkos marginal.
     Untuk cara pertama sudah jelas. Yang perlu diterangkan adalah cara kedua, jika seorang pengusaha ingin menambah produksi, dan ongkos marginalnya adalah sama dengan penjualan marginalnya, bagaimana solusinya apakah akan dilanjutkan ? Tidak ada salahnya jika mau dilanjutkan, tetapi untungnya tidak akan bertambah ataupun berkurang, disinilah letaknya tingkat  prosuksi yang menghasilkan keuntungan yang paling maksimum.

Biaya Produksi Dalam Jangka Panjang
     Dalam biaya produksi jangka panjang, tidak lagi perlu dibedakan antara biaya tetap dan biaya variable karena perusahaan dapat menambah semua factor produksi atau input yang akan digunakannya (tidak ada biaya tetap ). Ini berarti perusahaan bukan hanya dapat menambah tenaga kerja tetapi juga dapat menambah jumlah mesin dan peralatan produksi lain nya luas tanah yang digunakan dan luasnya bangunan pabrik yang digunakan.
Cara Meminimumkan Biaya dalam Jangka panjang
     Karena dalam jangka panjang perusahaan dapat memperluas kapasitas produksinya, ia harus menentukan besarnya kapasitas pabrik(plant size) yang akan meminimumkan biaya produksi. Dalam analisis ekonomi  kapasitas pabrik digambarkan oleh kurva biaya total rata-rata (AC). Dengan demikian analisis m engenai bagaim ana produsen menganalisis kegiatan produksinya dalam usahanya meminimumkan biaya dapat di lakukan dengan memperhatikan kurva AC untuk kapasitas yang berbeda-beda.
Kurva Biaya Total Rata- Rata (long run average cost = LRAC)
            Didefenisikan sebagai kurva yang menunjukkan ongkos rata-rata yang paling minimum untuk berbagai tingkat produksi apabila perusahaan dapat selalu merubah kapasitas memproduksinya .
Skala Ekonomi Dan Tidak Ekonomi
            Kurva Ac jangka Panjang juga berbentuk u. Faktor yang menyebabkan hal itu dinamakan skala ekonomi dan skala tidak ekonomi
            Skala ekonomis menyebabkan kurva AC jangka panjang yaitu kurva LRAC menurun ke bawah, penambahan produksi menyebabkan turunnya ongkos produksi.
Beberapa faktor yang menimbulkan skala ekonomis :
  1. Spesialisasi faktor produksi
  2. Pengurangan harga bahan mentah dan kebutuhan produksi.
  3. Memungkinkan barang sampingan diproduksi.
  4. Mengembangkan kegiatan usaha diluar perusahaan yang berguna bagi perusahaan.

            Skala tidak Ekonomis, Jika pertambahan produksi menyebabkan ongkos rata-rata produksi bertambah tinggi. Keadaan ini diwujudkan oleh kegiatan memproduksi yang menurun efisiensinya.Wujudnya skala tidak ekonomis terutama diakibatkan oleh organisasi perusahaan yang sudah menjadi sangat besar sekali sehingga menimbulkan kerumitan di dalam mengatur dan memimpinnya. 

Komentar

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Biaya Produksi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6236/1/JURNAL.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus

  2. 《 DETIK TRADE 》 Forex Trading Indonesia

    Trading Forex Indonesia| Trading Forex Terpercaya | Trading Online Indonesia


    ✅ Akun Demo Gratis
    ✅ minimum Deposit 50.000
    ✅ Bonus Deposit 10% ( T&C Applied )
    ✅ Customer support 24jam /7 hari
    ✅ Trading Platform Web-Browser Based
    ✅ Proses Deposit & withdrawal cepat
    ✅ Pembayaran profit up to 80%
    ✅ Bonus Referral 1%

    DETIKTRADE

    Trading lebih mudah & Rasakan pengalaman Trading dengan profit mudah . Bergabunglah Sekarang di DETIK TRADE.

    ☆Join With Us Detik Trade☆


    #detiktrade #tradingbinaryoption #options #binaryoption #trading #platformtrading

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    WA : +6287752543745

    BalasHapus
  3. Dear admin kami ada artikel menentukan tarif mesin per jam mohon kiranya sudi untuk review, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus
  5. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Babtis (Tardidi) di Gereja HKBP

SEJARAH PEMIKIR EKONOMI KAUM NEOKLASIK